STARTER GUIDE – QUICK START


[1. MY CHARACTER]

UPDATE: Sejak Februari 2012, menu game telah diupgrade. Silahkan klik di sini untuk update yang telah diterapkan dalam game.

Breakdown dari tampilan yang ada pada menu  MY CHARACTER adalah sebagai berikut:

A. CHARACTER APPEARANCE. Penampilan karakter-mu, akan berubah tergantung items yang kamu equip. Tampilan menarik ada pada Swords yang kamu gunakan akan terlihat keren.

B. CHARACTER STATS

1. STATS, status karakter dalam game. Berikut ini adalah fungsinya:

- PROGRESSION points: PP yang tersisa untuk di tambahkan pada point status.
- ATTACK: tingkat damage ke musuh (prioritaskan di status ini). Tanda (kotak kecil di belakang point ini berarti tambahan point berdasarkan equipment yang anda pakai. Juga jika anda memakai potion attack+1 atau defense +1.
-  DEFENSE: ketahanan karakter menerima serangan musuh.
- RUSE: kemampuan untuk melewati monster. Pada COMBAT screen berupa menu DODGE.
-  STAMINA: jumlah luka (wounds) yang bisa anda terima sebelum kehilangan 1 nyawa  saat diserang musuh. Tidak bisa di upgrade!

2. MAGIC STATUS: anda baru bisa mengakses status ini saat karaktermu mencapai level 9+.

- MAGIC ATTACK: Damage ekstra saat menggunakan spell magic. Jika anda suka pakai spell, fokuslah di satu type magic attack!
- MAGIC DEFENSE: Kemampuan karakter bertahan dari serangan magic musuh yang menyerang dengan elemental magic.
Poin B dapat anda tingkatkan point nya saat berada di dungeon. Tinggal klik menu di sebelah kiri (tangan kirimu)MY CHARACTER. Untuk kembali ke dungeon klik ENTER di sebelah nama dungeon yang sedang anda mainkan. Atau di nama dungeon  di menu sebelah kiri (lihat STARTER GUIDE – MAIN MENU (Menu Utama) – PART 1 pada bagian no 8)
Proporsi poin yang baik? Saya lebih suka membagi rata semua  poin karena menurut saya faktor yang sangat penting dari tiap pertarungan dengan monster adalah kualitas senjata yang kita pakai untuk menyerang. Karena banyak, semua Trik dan tips dalam game ini akan saya ulas di bagian lainnya TIP DAN TRIK DUNGEONS-TREASURES. Dibaca ya :). Ok mari kita lanjut…

C. ASSETS & HANDICAP : Berisi mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karakter. Biasanya muncul setelah mati dalam dungeon. Bisa berupa phobia terhadap monster tertentu, pengalaman dalam bertarung dengan monster tertentu. Ini akan berpengaruh terhadap status karakter anda (bisa plus atau minus).

D. SKILLS : Berisi keahlian yang dimiliki oleh karakter anda. Bisa berupa keahlian lockpicking, force unlocking dan skill lain yang berhubungan dengan keterampilan membuka locked chest dalam dungeon.

E. KNOWLEDGE OF MONSTER : Berisi poin pengalaman karakter dalam menghadapi monster tertentu. Akan meningkat tiap kali berhasil membunuh atau menangkap monster tertentu. Bar berwarna pink adalah level karakter dalam membunuh monster dan yang berwarna ungu muda untuk level menangkap monster. Semakin tinggi tingkat pengalaman karakter akan semakin mudah pula dalam membunuh atau menangkap monster itu.

F. DUNGEON MENU LIST. BOX ini terhubung dengan menu MY DUNGEONS. Berisi keseluruhan dungeon yang anda miliki. Mulai dari NAMA – LEVEL – GOLD WIN dan juga menu ENTER untuk kembali ke dungeon. Level dari dungeon akan menyesuaikan level dari karakter. Makin tinggi maka… Monster yang ditemui juga lebih ganas, Pastinya exp point yang didapat juga lebih banyak. Dan yang terpenting GOLD yang kita dapat juga lebih buanyak ($_$)

[2. EQUIPMENT (MY EQUIPMENTS)]


Penjelasan dari menu MY EQUIPMENTS:

A. Weapon 1, 2, 3 adalah senjata yang telah anda equip dan bisa digunakan saat berada di dungeon. Untuk mengequip senjata cukup klik di box Weapon (no 1, WEAPON 1, WEAPON 2, ATAU WEAPON 3) dan pilih weapon yang anda miliki.

B. WEAPON STATUS;  Jika di box weapon muncul tulisan merah “broken” seperti pada gambar (B) itu berarti senjata tersebut rusak. Kondisi rusak berarti anda tidakn bisa memakainya di dalam dungeon dan senjata ini tak akan muncul di pilihan menu ATTACK saat melawan monster (lihat bagian “3.DUNGEON” DI BAWAH).

C. Kekuatan senjata. Parameter angka di belakang tanda + menunjukkan tingkatan damage yang ditimbulkan saat menyerang monster. Semakin besar maka semakin tinggi tingkat kerusakan yang ditimbulkan. Range kekuatan senjata adalah +1 sampai +15.


PERHATIAN: angka ini bukanlah tingkat resistensi senjata, melainkan daya rusaknya saja . Mungkin saja sebuah senjata dengan nilai + yang tinggi memiliki tingkat resistensi yang rendah (lihat POIN I, weapons). Itulah pentingnya membawa senjata lebih dari 1 saat menjelajahi dungeon. Ingat, anda tidak bisa mengequip atau menganti senjata saat berada di dungeon! So siapkan senjata cadangan. Atau anda terpaksa harus mukulin monster pake tangan kosong :P.


D. Sama dengan poin C, sebagai catatan khusus weapon 3 merupakan tempat untuk mengequip senjata jenis “dagger”.

E. Miscleanous Equipment, bagian ini hanya bisa digunakan untuk equip 
F .PROTECTIONS. Summary dari armor dan items yang anda bawa ke dungeon (poin J).

G. MISCLEANOUS EQUIPMENTs: berisi summary dari capturing, healing, magic, dan ability  items yang anda punyai.

H. SPELLS, anda bisa membeli spells magic di market atau shop. PENTING: magic hanya bisa digunakan oleh karakter yang telah mencapai level 10. Jadi hematlah  dahulu. Lihat juga TIP DAN TRIK DUNGEONS-TREASURES.

I. WEAPONS. Berisi semua senjata yang anda miliki. Disini pula anda bisa arahkan kursor mouse untuk melihat resistensi senjata yang anda miliki. Dibawah ini saya beri contohnya:



Keterangan: Kotak hitam adalah nama senjata. Kotak hijau adalah fitur tambahan  yang dimiliki oleh senjata (tiap senjata memiliki fitur yang berbeda). Kotak Kuning adalah deskripsi singkat tentang senjata (terkadang mengandung kata kunci resistensi senjata). Dan Kotak merah inilah yang harus diperhatikan. Ini adalah tingkat resistensi senjata. 

Variasi resistensi Senjata:


Paling lemah ke paling kuat: Very fragile, fragile, average, not so strong, strong, very stong.


Selebihnya jika masih baru gress dan belum pernah digunakan maka resistance akan tertera unknown. Resistensi ini muncul setelah kita menggunakannya 10 kali dalam battle, atau biasanya baru sadar setelah senjata itu rusak. Untuk itu saya sarankan untuk mencari tahu di market senjata bekas pakai yang bagus dari pemain lain yang menjualnya. Atau cermati kata kunci seperti pada kotak warna kuning, seringkali pada deskripsi ada kata kunci yang menyiratkan tingkat resistensi senjata. Misalnya dalam contoh: “ The Sword be seem powerful…”. Senjata ini saya beli dari shop bukan market. Kebetulan setelah 10 kali pakai baru ketahuan kalau resistensinya very strong. Pengalaman saya kalau senjata itu deskripsinya berlebihan dan tentang usia sword yang udah tua banget biasanya tingkat resistensinya di bawah atau sama dengan average. Coba saja teman-teman riset sendiri :).

J. ARMOR EQUIPMENT. Tempat untuk mengequip armor yang anda punya. Kekuatan bervariasi dari range +1 sampai +7. Sebaiknya hemat uang untuk berbelanja armor. Saya lebih suka beli weapon daripada armor, toh sebaik apapun armor yang dipakai kalau monster tidak KO dengan cepat, kita lebih banyak terluka daripada tidaknya :). Pertimbangkan juga level karakter dan isi dompet ya… Summary dari ARMOR dapat dilihat pada poin F (protections).

[3. DUNGEON]
Inilah inti permain dari game DUNGEONS & TREASURES. Mari kita simak bersama apa yang ada di dungeon.

A. NAMA DUNGEON, menunjukkan nama dungeon yang sedang anda mainkan.

B. HEALTH STATUS, menunjukkan jumlah Wounds dan Lifes dari karakter. (6 Wounds mengurangi 1 Life). Wounds bisa dikurangi dengan menggunakan potions of healing +1 atau +5. Cukup klik nama healing items dari box  E (equipment seperti pada gambar). AWAS: kadang potion juga bisa gagal. Lihat bagian [4.Combat]  untuk lebih jelasnya.

C. BACK TO ENTRANCE. Klik icon ini untuk kembali ke pintu masuk dungeon. Pilihan ini juga bisa digunakan untuk trick supaya lebih hemat waktu. Penjelasannya bisa lihat di TIP DAN TRIK DUNGEONS-TREASURES.

D. DUNGEON STATS. Berisi informasi tentang dungeon, mulai dari gold yang ditemukan, jumlah monster yang ditemukan, jumlah monster yang dibunuh, monster yang ditangkap, dan juga jumlah kunci dungeon yang ditemukan. Area yang saya beri katok eh kotak kuning menunjukkan efek dari ability item yang sedang aktif (learning, attack, defese potions , dsb…) dan durasi waktu yang tersisa.

E. EQUIPMENT. Berisi tentang semua item yang telah diequip dan bisa dipakai di dungeon (summary dari MY EQUIPMENTS). Melalui box ini juga anda bisa menggunakan item tersebut

F. MAP. Can’t  go without it! Ya, saya sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Box ini bisa anda klik untuk mendapatkan tampilah utuh dari dungeon yang telah anda jelajahi. 

 
SEGITIGA MERAH adalah lokasimu. Kotak kuning bisa di klik untuk kembali ke dungeon. Lingkaran Biru adalah pintu masuk/keluar dungeon. Lingkaran hitam pada gambar adalah pintu yang ada di dungeon. Lingkaran hijau dengan icon tengkorak putih berarti monster telah anda bunuh di lokasi itu, tengkorak merah berarti monster terluka/anda lari atau mati saat melawan monster itu, sedangkan simbol bulatan (tak ada pada gambar) berarti monster telah anda tangkap di lokasi itu.
Tips: perhatikan zoom in pada lingkaran merah, jika garis hitam tebal telah tampak pada peta (seperti pada zoom dengan panah segitiga) berarti itu adalah jalan buntu atau tembok. Sedang pada zoom in dengan icon pintu pada bagian atas masih belum terlihat garis hitam tebal, ini berarti area tersebut belum dijelajahi. Dengan memahami peta maka kita lebih hemat waktu dan tidak capai meng-klik atau menekan tuts keyboard :).

G. CONTROL COMMANDS. Alternatif lain jika anda tidak mengklik langsung pada tanda panah di layar dungeon. Box hijau muda adalah info alternatif kontrol melalui arrow tuts pada keyboard.

H. POPUP. Klik disini jika anda ingin menjelajahi dungeon pada window baru. Berguna jika anda sedang online di situs lain. Sambil main juga sambil memantau perkembangan di situs lainnya :). Fitur terbaru yang ditambahakan adalah background music. Anda bisa menjelajahi dungeon sambil mendengarkan musik game (dalam menu popup).

[4.COMBAT]
Sistem combat dalam Dungeons-Treasures (DT) berbasis turn base. Artinya monster bersikap pasif sampai kita melakukan serangan. Berbeda dengan sistem turn-base pada game-game RPG pada umumnya, dalam game DT jika kita menggunakan itemsTIDAK dihitung sebagi suatu gerakan. Maka tidak perlu khawatir diserang jika kita sedang menyembuhkan diri. Hehe.. :)

Ok, saya coba jelaskan combat scene pada DT:
 
A. MONSTER STATSDari ujung kiri ke kanan adalah: NAMA MONSTER – LEVEL – HEALTH STATS. Level monster bervariasi dari yang paling rendah ke yang paling tinggi: very low, low. medium, strong. Health stats monster dari kondisi bugar sampe KO: Unharmed, Scratched, Slightly injured, Injured, Seriously injured, Dying, Almost dead, Dead.

B. TYPE SERANGANMU: serangan yang anda lakukan ke monster. Bagian berwarna putih adalah nama karaktermu.

C. EFEK SERANGANMU: menunjukkan apakah anda berhasil menyerang monster. Jika kena maka tulisan akan berwarna hijau. Jika gagal maka tulisan berwarna biru muda. Bagian berwarna putih adalah nama karaktermu.

D. TYPE SERANGAN MONSTER: serangan monster ke arah karakter. Bagian berwarna putih adalah nama karaktermu.

E. EFEK SERANGAN MONSTER: menunjukkan apakah serangan monster mengenaimu. Jika kena maka tulisan akan berwarna merah dan anda menambah WOUNDS 1-2 poin. Jika gagal maka tulisan berwarna biru muda. Bagian berwarna putih adalah nama karaktermu.

F. EFEK DARI ITEM YANG ANDA GUNAKAN: pada contoh gambar, menunjukkan bahwa potion yang saya gunakan tidak berhasil/gagal/mubazir. Perhatikan bagian ini TIDAK SELALU semua potion memberikan hasil, probabilitas gagalnya sekitar 2:11 (hehe… ini perkiraan saya saja lho). PENTING: untuk ability items seperti potion of learning, attack atau defense cukup digunakan sekali saja, jika digunakan untuk kedua kalinya tidak akan berhasil. SEMUA jenis potion berpeluang untuk gagal saat digunakan.

G. COMBAT MENU, ATTACK : menyerang monster dengan senjata, DODGE:  menghindar dari serangan monster, dan RUN: kabur dari  monster. Ketiga menu itu adalah menu dasar. Jika anda meng equip NET atau STRONG NET+1 akan bertambah menu baru yaitu CATCH, untuk menangkap monster. Jika anda membeli magic spell (setelah level 10) akan muncul menu MAGIC untuk menyerang musuh dengan spell magic yang anda punya. Gambar di atas sudah saya edit untuk kemudahan menjelaskan. Box berwarna hijau adalah pilihan senjata yang akan keluar setelah anda memilih ATTACK. Pilih senjata dan pilih CONFIRM untuk memulai serangan.

Kalau lupa mengobati 5 wounds (atau memang kehabisan potion), ya sudah your character is dead. Anda harus klik CONTINUE untuk mengulang dungeon dari depan pintu  masuk.
INGAT: 6 WOUNDS mengurangi 1 LIFE

NOTE: lihat juga tentang UPGRADE COMBAT FEATURE  (Feb 2012- DT english version) untuk penambahan fitur pada game yang tidak terdapat pada posting ini.

Mudah-mudahan materi kali ini bisa berguna buat teman-teman yang baru mulai bermain DT. Masih banyak ulasan tentang Dungeon-Treasures yang saya tulis dalam blog ini. Tentunya jika masih kesulitan, teman-teman juga bisa email saya lewat halaman kontak di blog ini. 

BAGI teman teman yang ingin main, saya memberikan penawaran khusus untuk bergabung  dan mendaftar DUNGEON TREASURES lewat blog ini. Silahkan klik di sini 


Teman-teman boleh baca BONUS FOR MY DUNGEONS & TREASURES REFFERALS untuk mengetahui keuntungan yang teman-teman peroleh setelah mendaftar melalui link di atas.

SEBAIKNYA ANDA BACA JUGA:




No comments: